Senin, 16 Januari 2017

Kampung Sapi Adventure

Ada tempat rekreasi baru nih di Kota Batu, yaitu Kampung Sapi. Masih belum banyak yang berkunjung ke tempat ini karena destinasi ini masih baru, dan akses untuk mencapai ke lokasi ini belum terlalu baik. Dari jalan utama Kota Batu juga masih belum ada papan penunjuk atau papan penanda Kampung Sapi.
Jadi bagi kalian yang mau ke Kampung Sapi, lihat gang yang ada papan penanda SMP As Salam (gangnya di kanan jalan kalau kalian dari arah Malang). Gangnya tidak terlalu besar, jadi agak sulit kalau berpapasan mobil didalam gang.
Setelah belok ke gangnya, lurus aja nanti ada penanda Kampung Sapi (harusnya penandanya di jalan utama). Penandanya kecil, jadi kalian jangan jalan terlalu kencang, nanti kebablasan belokannya.
Setelah itu lurus aja, sampai masuk ke area pemakaman umum Desa Beji.
Jalan di area makam ini semakin sempit dan terjal. Kondisi macadam yang sudah tidak terawat membuat banyak batu-batu terjal yang bisa berbahaya terutama bagi pengendara motor jika tidak berhati-hati dalam melintas.
Setelah itu baru kalian akan bertemu dengan gapura Kampung Sapi.
Bagi kalian pengendara motor, setelah masuk gerbang, langsung belok kiri untuk masuk ke area parkir. Hati-hati bagi pengendara motor yang akan parkir, karena belokan menuju tempat parkir sangat sempit untuk melakukan manuver. Sedangkan bagi pengendara mobil bisa langsung masuk lurus saja dan parkir di depan tulisan "Kampung Sapi".
Setelah kalian memarkir kendaraan, kalian bisa datang ke area kantin Holstein untuk beli tiket (masih belum loket tiket khusus, jadi beli tiketnya langsung ke petugas yang ada di area kantin). Harga tiket yang ditawarkan yaitu Rp 10.000 dan Rp 25.000. Bedanya apa? kalau Rp 10.000, kalian disuruh eksplor Kampung Sapi ini sendirian, dan kalian akan mendapatkan susu grati di akhir eksplor kalian. Sedangkan yang Rp 25.000, kalian akan didampingi oleh tour guide yang bertugas memandu kegiatan eksplor kalian.
Pertama-tama kalian akan diajak ke pengolahan biogas yang diproduksi dari kotoran sapi. Dari biogas ini bisa digunakan untuk menyalakan kompor lho. Tapi sayangnya biogas ini baru sebatas prototype yang digunakan di Kampung Sapi, masih belum digunakan oleh masyarakat umum.
Setelah itu kalian akan diajak kekandang sapi. Disini kalian bisa memberi makan sapi. Di kandang ini hanya berisikan 3 sapi jantan, dan sisanya adalah sapi betina.
Selain memberi makan sapi, kalian juga diajak untuk memerah susu sapi, tapi tidak sendirian lho, karena kalian akan didampingi oleh pawing sapi/orang yang udah berpengalaman memerah susu sapi. Kalian akan diajarkan cara memerah susu sapi yang baik dan benar, karena jika tidak benar, kalian malah akan menyakiti sapi tersebut.
                                         (maaf gambarnya buram)
Nah disini ada pertunjukan sapi ketawa/tersenyum. Jadi ada sapi jantan yang ukurannya gede banget yang diajari oleh pawangnya untuk tersenyum. Lumayan bisa buat menarik perhatian pengunjung kan. Dan kerennya lagi sapi ini sadar kamera banget, jadi kalau kalian mendekati sapi ini dengan membawa kamera, maka sapi ini yang malah minta difoto dengan memamerkan deretan giginya.
Ada pawangnya saja dia nekat buat naik lho, dan harus dimarahin dulu biar dia mau turun. Jadi awas kalau tidak pawangnya jangan terlalu dekat-dekat, karena sapi ini bisa saja naik ketempat makannya untuk semakin dekat dengan kita(serem kaan!).
Jangan suka ganggu sapinya ya kalau tidak mau kejadian kayak gini ya ...
Mulai dari sini dan selanjutnya,kita akan eksplor Kampung Sapi sendirian (tour berakhir).
Setelah keluar dari kandang sapi, kita akan menemukan area outbond. Bagi kalian yang berkunjung bersama adik atau keponakan kecil, pasti mereka sangat suka bermain disini.
Tapi jangan khawatir tidak dapat menikmati pemandangan disekitar sambil mengawasi yang sedang bermain ya, karena disini disediakan juga tempat duduk yang nyaman dan menarik untuk dijadikan spot selfie.
Kalau kalian tidak mau panas-panasan, disini juga disediakan area tempat duduk yang lain.
Terdapat taman kelinci bagi yang masih ingin bermain-main dengan hewan.
Sebelum kalian menikmati pemandangannya, akan lebih baik menukarkan tiket kalian ke sebelah kantin. Jadi kalian bisa menikmati pemandangan sambil minum segelas susu sapi segar.
Di tempat ini kalian jarang tempat sampah. Tetapi kalian tetap tidak boleh meninggalkan sampah kalian atau membuangnya sembarangan. Disini disediakan 2 toilet, yang satu berada di depan kandang sapi, yang satu lagi berada di dekat area tempat duduk hits/spot selfie.
Walaupun terdapat kantin, tetapi kalian diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman dari luar. Jadi lumayan sekalian bisa piknik juga kan guys...


Sekian review saya kali ini tentang lokasi wisata yang ada di Malang Raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar